How Chocolate is made

09/17/2011 at 06:20 Leave a comment

Siapa yang ngak tahu coklat, makanan manis yang enak dinikmati kapan saja, dan katanya sih banyak gunannya buat kesehatan. Tapi apa kamu sudah tahu bagaimana coklat pertama kali dibuat, dari biji tanaman coklat yang masih mentah sampai ke batang coklat yang lembut, manis dan membuat ketagihan??



Tanaman Coklat biasanya tumbuh di daerah tropis, dan berbentuk seperti pohon2 pada umumnya, sementara buahnya agak besar seukuran pepaya muda. Nah biji dari buah coklat inilah yang nantinya diproses untuk menjadi batangan coklat atau bubuk coklat yang nikmat. Setelah biji2 coklat itu dibersihkan, biji2 coklat itu dibawa ke pabrik pengolahan yang sekarang ini sudah banyak menggunakan tekhnologi modern untuk pengolahnnya. 

Biji2 coklat itu kemudian siap untuk dimasak dengan menggunakan mesin khusus. Ada dua macam proses pematangan coklat, yang pertama adalah memasak dalam waktu yang cepat dengan panas tinggi, proses memasak seperti ini akan meninggalkan rasa coklat yang kuat tapi juga menghilangkan rasa lainnya seperti rasa buah dan kemungkinan rasa hangus dari pemasakan dengan api yang tinggi. Sementara itu metode pemasakan lainnya adalah memasak dengan waktu yang lama dan api yang kecil. Metode ini menghasilkan rasa yang lebih lesat tapi juga menghilangkan citarasa coklat yang kuat. setelah proses memasak selesai, proses berikutnya adalah menggiling biji2 coklat itu untuk melepas kulit dan hanya meninggalkan isinya saja. Setelah proses penggilingan biji2 coklat itu dipress sehingga menjadicairan kental yang dinamakan Chocolate Liquor. 

Setelah proses press tadi ada dua macam proses yang berlainan, sebagian adonan ditekan sehingga cairan dari choholate liquor itu keluar dan sisa yang kering menjadi bubuk coklat, sementara cairan coklat yang keluar tadi menjadi mentega coklat. Sementara itu sebagian adonan lainnya langsung digunakan untuk membuat coklat jadi.
Setelah semua bahan baku jadi, kemudian saatnya membuat dua macam coklat yang umum dikenal, coklat hitam dan coklat susu. Untuk coklat hitam, campurannya menggunakan chocolate liquor, gula, dan sedikit vanilla. Sedangkan untuk Coklat Susu campurannya mengunakan chocolate liquor, Susu, Gula. Setelah adonan dicampur, adonan dipindahkan ke sebuah mesin proses yang berbentuk seperti silinder yang berfungsi untuk meratakan adonan dan menghaluskan campuran2 yang masih keras. Selain itu adonan juga dicampur dengan mentega coklat hasil dari proses sebelumnya dan bahan2 emulsi untuk membuat adonan coklat nya menjadi lebih halus. Setelah adonan halus, adonan itu dimasukkan ke sebuah mesin mixer yang mengaduk adonan dalam waktu yang cukup lama biasanya 7 hari sehingga citarasanya bisa keluar. Setelah proses yang panjang itu masih ada 2 proses lagi sebelum coklat siap dinikmati, yaitu memanaskan, mendinginkan kemudian memanaskan lagi adonan coklat, proses ini dipakai untuk membuat coklat terlihat mengkilat dan mempunyai kepadatan yang pas sehingga bisa meleleh di mulut waktu dimakan. Setelah proses pemanasan ini adonan coklat sebetulnya sudah siap dimakan, yang terakhir perlu dilakukan hanyalah menuangnya di cetakan yang diinginkan. walaahh coklat yang lembut siap dinikmati.

Dan dibawah ini video proses pembuatan cokelat di luar negeri sana


Advertisements

Entry filed under: Uncategorized.

Microwave

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


What is Yaiks?

Hello, welcome to my Blog!! Blog ini berisi bermacam2 pengetahuan acak yang ada di sekitar kita, dari permen Pop Rock sampai tekhnologi IMAX semua ada disini. kalau kamu ada masukan dan kritik langsung aja kontak kita di Dimorules@gmail.com. But right now, Just enjoy the little snack for your brain.

Recent Posts

ads

Our Friends

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

%d bloggers like this: